TVXQ menggaru lebih dari $92 juta pendapatan konser di luar negeri

Mengapa kelompok-kelompok K-pop terus pergi ke Jepang untuk promosi? Nah, jawabannya cukup sederhana: karena promosi di Jepang sangat menguntungkan.

Ambil TVXQ misalnya. TVXQ akan melanjutkan dengan 5 tur dome mereka di Jepang sampai pertengahan Agustus. Semua itu, mereka akan tampil 18 kali di depan 850.000 orang penonton. Dengan biaya rata-rata 120.000 KRW (sekitar $ 109 USD) per tiket, pendapatan dari semua tiket yang dijual akan menambahkan hingga 102.000.000.000 KRW (sekitar $ 92.600.000 USD).

Tapi itu tidak hanya terbatas ke Jepang di mana idol dapat menghasilkan uang. TVXQ membawa 570.000 penggemar untuk tur dunia mereka. Super Junior dan SHINee masing-masing membawa 280.000 dan 250.000 selama tur Asia mereka, dan SM Town konser juga membawa tambahan 300.000 penggemar tahun lalu. Super Junior diharapkan akan membawa lebih banyak karena mereka telah memulai tur dunia mereka dan baru-baru ini berjalan sukses di Amerika Selatan. SM Entertainment menyatakan, ” Tahun ini, jumlah penonton (untuk konser kami) sampai saat ini sudah sesuai dengan jumlah penonton kami punya untuk seluruh tahun 2012. Jika kita menggabungkan semua jadwal konser sampai akhir tahun, jumlah kehadiran akan meningkat setidaknya 50%. ”

Tentu saja, bukan hanya SM Entertainment berangkat ke luar negeri –  YG Entertainment mereka telah pegang perusahaan sendiri pada konser di luar negeri. G-Dragon dengan tur solo dunianya dengan 25 tanggal di depan 550.000 fans. Daesung juga membawa penonton 100.000 penggemar dengan 25 konser solo. Tidak hanya itu, Psy juga sedang mempersiapkan tur dunia dengan lembaga-lembaga di Amerika, dan mereka berkata, ” Karena itu tur dunia pertama, semua orang melihat ke depan untuk itu.

JYP Entertainment 2PM , DSP Media KARA , dan FNC Entertainment CNBLUE juga membawa hasil yang sama. Ahli K-Pop telah memperkirakan bahwa pendapatan dari konser di luar negeri akan meningkat 20% tahun ini dibandingkan dengan tahun lalu. Konser di luar negeri membawa banyak keuntungan dibandingkan dengan album dan penjualan digital. Tahun lalu, keuntungan dari ekspor K-pop diperkirakan berjumlah $ 235,000,000 USD, 60% di antaranya berasal dari konser. Juga, ada pendapatan tambahan sebagai konser besar biasanya membawa lebih dari 2,000,000,000 KRW (sekitar $ 1,8 juta USD) dalam penjualan barang dagangan dan barang konser lainnya.

Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata akan membangun tempat konser Hallyu World di Ilsan yang dapat menampung hingga 15.000 orang pada tahun 2016. Melalui Hallyu World, mereka berharap untuk dapat meningkatkan pariwisata dan menarik pengunjung dari luar negeri untuk mengunjungi Korea.

Posted on Mei 3, 2013, in K-Info, SM Entertaiment, YG Entertaiment and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan komentar